banner 728x250

Jeriken Bensin Tersambar Api, Picu Kebakaran Kios di Cilinaya Caranegara Mataram

Jeriken Bensin Tersambar Api, Picu Kebakaran Kios di Cilinaya Caranegara
banner 468x60

Mataram, NTB – Telah terjadi peristiwa kebakaran Kios di Cilinaya Caranegara, Kota Mataram. Kebakaran menimpa satu lokal bangunan kios permanen dengan ukuran 3×3 meter, Senin (6/6/2022) sekitar pukul 21.30 wita.

Kebakaran kios di Cilinaya Caranegara ini tepatnya  di Jalan Palapa 2, lingkungan Karang Tapen kelurahan Cilinaya, Kecamatan Cakranegara Kota Mataram.

banner 336x280

Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Sandubaya Kompol M Nasrullah SIK membenarkan perstiwa kebakaran ini.

“Memang benar telah terjadi peristiwa kebakaran di Jalan Palapa 2, lingkungan Karang Tapen kelurahan Cilinaya Kecamatan Cakranegara Kota Mataram. Kejadiannya sekira jam 21.30 wita yang mengakibatkan 1 (satu) lokal kios berukuran 3X3 terbakar,” terangnya.

Api Kompor Menyambar Bensin

Menurut keterangan saksi- saksi korban, sekitar pukul 21.30 wita sedang menggoreng pisang, lalu sesaat kemudian melihat api kompor menyambar jerigen dan botol bensin.

“Api kompor menyambar jerigen dan botol bensin, yang berjarak sekitar satu meter dari kompor yang sedang menggunakannya untuk menggoreng pisang,” imbuhnya.

Korban lupa dan tidak menyadari telah meletakkan jerigen berisi bensin dan botol bensin yang berdekatan dengan kompor.

“Sehingga dengan cepat membakar seluruh isi kios dan atap plafon terbuat dari kayu,” pungkasnya.

Saksi lainnya yang saat itu sedang berada di dalam kios mengetahui bahwa ibunya sedang menggoreng pisang. Kemudian melihat kobaran api secara cepat menyambar jerigen dan botol bensin berada di dekat kompor.

“Langsung berlari keluar kios bersama dengan korban dan adiknya, untuk menyelamatkan diri. Selanjutnya warga secara bersama-sama membantu memadamkan api dengan alat seadanya sebelum datang mobil pemadam kebakaran,” jelasnya.

Korban Luka Satu Orang, Akibat Kesetrum Listrik

Dalam peristiwa kebakaran ini, seorang warga berinisial Z, (27) yang berupaya membantu memadamkan api ke dalam kios, malah kesetrum.

“Saat itu saudara Z tidak memakai sandal, menduganya mengalami tersetrum oleh aliran listrik saat itu masih mengalir. Sehingga saudara Z sampai jatuh pingsan dan melarikannya ke rumah sakit kota Mataram,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut korban Z mengalami luka pada jari telunjuk dan kelingking sebelah kiri. serta jari kelingking sebelah kanan.

“Kemudian 1 (satu) unit pemadam kebakaran Kota Mataram mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara). Dan melakukan pemadaman api, setelah 30 menit api berhasil memadamkannya, serta petugas PLN memutus sementara aliran listrik di sekitaran TKP,” imbuhnya.

Dalam kejadian tersebut terdapat korban an. Z mengalami luka melepuh pada jari telunjuk dan kelingking sebelah kiri. Serta jari kelingking sebelah kanan, saat ini menjalani perawatan di IGD RS kota Mataram, sedangkan untuk kerugian material sekitar 50 juta rupiah.

“Untuk penyebab kebakaran dengan perkiraan berasal dari api kompor yang menyambar jerigen dan botol yang berisi bensin dagangan. Yang jaraknya berdekatan,” tutup Kompol Nassrullah.

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *